Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
elinorcarron.over-blog.com

Cara Mengobati Ikan Arwana dan Tiga Macam Penyakitnya

Resiko mempunyai ikan Arwana adalah mati dikarenakan penyakit seperti Redspot, Jamur, Gigit Ekor, Stress, tidak senang makan, dan lainya. Ikan yang cuma bisa ditemukan di kawasan Asia Tenggara ini masuk dalam daftar spesies ikan yang dilindungi dikarenakan populasinya jadi langka, itulah sebabnya harganya pun fantastis.

Dibawah ini diuraikan beberapa penyakit yang kerap diderita Arwana gejala dan cara mengatasinya.

1. Penyakit Gigit Ekor
Sebelum menderita penyakit ini kebanyakan arwana akan menunjukan prilaku yang lain daripada biasanya. Arwana bakal terlihat gelisah bersama dengan berenang hilir mudik kesana kemari. Beberapa hari kemudian sirip ekor bakal robek-robek selaputnya agar serupa sisir dan yang tertinggal hanyalah jari-jari siripnya. Gejala ini awalnya cuma kecil lantas dapat jadi tambah panjang dan tidak jarang sebagian berasal dari jari sirip itu akan hilang.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh sejenis parasit yang menempel terhadap ekor arwana dan mengakibatkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Arwana berusaha mengatasinya dengan cara berenang hilir mudik dan menggigiti ekornya agar nampak compang-camping.

Pengobatan penyakit ini tergolong mudah. Pindahkan Arwana ke di dalam aquarium lain yang bersih (steril) dan sudah diisi bersama air yang memenuhi syarat. Masukan kira-kira 20 tetes obat Tropical Fish Medicine dan biarkan arwana selamanya di dalamnya selama lebih dari satu hari. Jangan lupa membersihkan aquarium yang satunya sehingga nantinya arwana dapat tempati lagi tanpa kuatir terjangkit lagi.

2. Tutup Insang Melengkung
Sering kami melihat tutup insang arwana melengkung keluar, agar beberapa insangnya kelihatan. Arwana bersama kondisi layaknya ini pasti tidak enak dipandang. Ikan Arwana yang satu ini mati gara-gara penyakit insang, bersama dengan tanda-tanda insang ikan beralih menjadi hitam.

Penyebab penyakit ini bermacam-macam, yang pertama disebabkan kualitas air dalam aquarium yang tidak memenuhi standar lebih-lebih suhunya. Aquarium yang terlalu dingin atau tidak hangat bisa mendorong ikan arwana terkena penyakit ini. Penyebab lainnya adalah bantuan obat-obatan yang kelewat dosis, serangan sejenis bakteri, atau sebab air di dalam aquarium rendah persentase oksigennya. Hal ini sanggup dijelaskan karena air yang mempunyai kadar oksigen yang rendah akan llebih sering membawa dampak arwana terhubung dan menutup insangnya. Gerakan itu kerap tidak sempurna. Artinya sebelum tutup insang benar-benarmenutup, keburu dibuka ulang untuk menghirup sedalam-dalamnya air untuk mencukupi tuntutan oksigen. Dari gerakan yang tidak sempurna ini kemudian tutup insang arwana tetap terbuka dan tubuhnya tidak normal.

Untuk mencegahnya supaya menjaga persentase oksigen di dalam air selamanya tinggi diatasi bersama mengimbuhkan lumayan aerasi terhadap aquarium. Jika kudu aerator diganti dengan tenaga yang lebih besar. Kemudian tidak lupa merawat keseluruhan mutu air senantiasa primasehingga senantiasa layak dihuni oleh arwana. Baca info perihal ikan arwana golden red.

Teknik penyembuhan ikan Arwana, keliru satunya adalah bersama menjepit ikan yang sakit di antara dua penjepit kaca dalam ember, dan men-supply oksigen murni langsung kearah insangnya. Jika tutup insang yang melengkung ini belum terlalu kritis maka bisa diperbaiki bersama jalur melaksanakan operasi kecil terhadap tepi tutup insangnya.

3. Mogok Makan
Arwana yang mogok makan biasanya terlampau sering diberi kelabang hidup. Mereka dapat enggan menerima makanan lain, termasuk kelabang yang sudah mati. Jika telah layaknya ini maka puasakan arwana selama tidak cukup lebih seminggu jangan diberi makan apapun. Kemudian berilah makanan model lain jika jangkrik, kadal, kodok kecil, atau ikan kecil. Bila setelah seminggu arwana belum termasuk berkenan makan sebaiknya seiakan ikan hidup saja sebab tahan hidup. Perlu diperhatikan sehingga untuk memelihara arwana tidak juling sebaiknya dipilih ikan penghuni permukaan seperti guppy. Dengan demikianlah kita tidak perlu risau dan arwana mampu kembali layaknya semula. Bila cara berikut masih belum memberi hasil maka kami biarkan saja sampai arwana sudi menerima makanan.

Alternatif lainnya adalah bersama dengan mengimbuhkan sebutir obat Hobbi Fishes ke dalam 200 liter air yang kerap dipakai untuk daerah arwana bersemayam. Obat bersifat kapsul ini berkhasiat untuk menyembuhkan stres dan beraneka penyakit dan juga untuk merangsang nafsu makan arwana. Pilihan terakhir memberikan kelabang seminggu sekali berselang seling bersama jenis makanan lain.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post